Friday, 17 March 2017

Manfaat Minum Kopi

Kopi menjadi teman terbaik dikala memulai kegiatan di pagi hari. Bahkan konon meminum kopi juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Bukan hanya itu, kopi ternyata memiliki sejumlah kandungan zat gizi baik bagi tubuh dan disinyalir dapat mengatasi beberapa penyakit. Benarkah begitu? Yuk lihat  apa saja manfaatnya!
  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Ada dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia  menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik yang ada di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

  1. Membantu Mencegah Penyakit Parkinson

Para peneliti di Amerika Serikat melakukan studi yang menilai hubungan antara konsumsi kopi dan risiko penyakit Parkinson. Para penulis studi menyimpulkan bahwa asupan kopi dan kafein yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Lembaga Penelitian Universitas McGill Pusat Kesehatan (RI MUHC) yang diterbitkan dalam jurnal Neurology,  kafein dalam kopi juga dapat membantu gerakan kontrol pada orang yang menderita parkinson.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kafein pada kopi ternyata baik untuk jantung. Hal ini diutarakan oleh Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KG dari Rumah Sakit Siloam. “Penelitian yang ada menyatakan bahwa dengan meminum kopi 1-2 cangkir sehari dapat menghindari penyakit jantung coroner. Untuk yang memiliki penyakit jantung jangan stop minum kopi kalau sudah terbiasa minum kopi, asalkan tidak minum kopi lebih dari 3 cangkir per hari,” ungkapnya.

  1. Mencegah Risiko Pertumbuhan Kanker

Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara, dan kanker usus besar. Dalam sebuah studi baru, para peneliti dari Dana-Farber Cancer Institute melaporkan bahwa asupan kopi berkafein biasa dapat mengurangi  kekambuhan kanker dan meningkatkan kelangsungan hidup pada pasien dengan stadium 3 kanker usus besar.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera rasakan sensasi kopi khas Indonesia dari MAXX COFFE ini! Buat para penikmat kopi, sudahkah kamu menikmati secangkir kopi hari ini?

Share on FacebookTweet about this on Twitter